Skip to content

faktor sikap dalam perilaku konsumen

Juli 3, 2011

 

FAKTOR SIKAP DALAM PERILAKU KONSUMEN

 

Sikap adalah kecenderungan yang dipelajari dalam berperilaku dengan cara yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap suatu obyek tertentu.

 

Berbagai Model Struktur Sikap

  • Model Sikap Tiga Komponen
  • Model Sikap Multi Sifat
  • Teori Usaha Mengkonsumsi
  • Model Sikap Terhadap Iklan

 

Model Sikap Tiga Komponen

komponen

Kognitif

Afektif

Konatif

Pengetahuan dan persepsi yang diperoleh berdasarkan kombinasi pengalaman langsung dengan obyek sikap dan informasi yang berkaitan dari berbagai sumber.

 

Model Sikap Multi Sifat

Model-model sikap yang memperhatikan komposisi dari sikap-sikap konsumen ketika memilih atribut produk atau keyakinan.

Model Sikap Multi Sifat

Tipe

Model Sikap Terhadap Obyek

Model Sikap Terhadap Perilaku

Teori Model Tindakan yang Beralasan

Sikap merupakan fungsi dari adanya (atau tidak adanya) penilaian terhadap keyakinan atau sifat-sifat produk tertentu. Berguna untuk mengukur sikap terhadap merk.

 

Model Sikap Terhadap Iklan

Sebuah model yang menggambarkan bahwa konsumen membentuk berbagai perasaan (afeksi) dan pertimbangan (kognisi) sebagai akibat keterbukaan terhadap iklan, yang pada akhirnya mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan terhadap merk.

Isu-isu Dalam Pembentukan Sikap

Bagaimana Sikap Dipelajari

  • Pengkondisian dan pengalaman
  • Pengetahuan dan kepercayaan

Sumber-sumber Yang Mempengaruhi Sikap

  • Pengalaman pribadi
  • Pegaruh keluarga
  • Pemasaran langsung dan media massa

Faktor-faktor Kepribadian

Strategi Pengubahan Sikap

  • Mengubah Fungsi Motivasi Dasar
  • Menghubungkan Produk Dengan Golongan, Peristiwa atau Kegiatan Amal Tertentu
  • Memecahkan Masalah Dua Sikap Yang Bertentangan
  • Mengubah Komponen Model Multi-Sifat
  • Mengubah Keyakinan Terhadap Merk Pesaing – membandingkan langsung dengan pesaing

Mengubah Fungsi Motivasional Dasar

Strategi yang efektif untuk mengubah sikap adalah dengan membuat kebutuhan tertentu menonjol.

Menurut pendekatan fungsional, sikap dapat digolongkan menurut 4 fungsi :

  • Manfaat
  • Pembelaan Ego
  • Pernyataan Nilai
  • Pengetahuan

 

Sikap Konsumen Diubah Dengan Dua Cara Persuasi

  • Cara Tengah

Perubahan sikap terjadi karena konsumen secara aktif mencari informasi yang berhubungan dengan objek sikap itu sendiri.

  • Cara Pinggir

Perubahan sikap merupakan hasil dari dorongan sekunder (kupon potongan harga, contoh gratis, dll)

 

Perilaku Dapat Mendahului Atau Mengikuti Pembentukan Sikap

  • Teori Ketidakcocokkan Kognitif
  • Teori Kepemilikan Sifat Tertentu

 

Teori Ketidakcocokkan Kognitif

Ketidaknyamanan dan ketidakcocokkan terjadi ketika konsumen mempunyai pemikiran yang bertentangan mengenai keyakinan atau obyek sikap tertentu.

  • Misalnya, ketika konsumen membuat komitmen – membuat DP atau memesan produk (terutama yang mahal seperti mobil atau komputer) – mereka sering merasakan ketidakcocokkan kognitif ketika mereka mengingat kualitas yang unik dan positif dari merk yang tidak terpilih.
  • Jika ketidakcocokkan kognitif terjadi setelah pembelian, disebut ketidakcocokkan pasca-pembelian.

 

Taktik Konsumen Untuk Mengurangi Ketidakcocokkan Pasca-pembelian :

  • Mencari iklan yang menunjang pilihan (sambil menghindari iklan pesaing yang menimbulkan ketidakcocokkan)
  • Berusaha “menjual” kepada teman keistimewaan positif merk itu
  • Bergantung kepada pemilik yang sudah diketahui merasa puas

Pemasar Dapat Mengurangi Ketidakcocokkan Dengan Cara :

  • Memberikan pujian terhadap “kearifan” konsumen memilih produk dalam iklan
  • Memberikan jaminan atau garansi
  • Meningkatkan jumlah dan keefektifan pelayanan mereka
  • Menyediakan brosur yang terinci mengenai cara menggunakan produk dengan tepat

 

Teori Kepemilikan Sifat Tertentu

Menggambarkan pembentukan dan pengubahan sikap sebagai hasil perkembangan pemikiran orang mengenai perilaku (persepsi diri) dan pengalaman mereka sendiri.

Teori Kepemilikan Sifat Tertentu

  • Kepemilikan Sifat Tertentu Internal

Konsumen memberikan dirinya sendiri penghargaan atas suatu hasil tertentu

  • Kepemilikan Sifat Tertentu External

Konsumen memberikan penghargaan terhadap hal-hal eksternal atas keberhasilan yang diraihnya.

Penting bagi pemasar untuk menawarkan produk yang secara seragam berkualitas tinggi yang memungkinkan para konsumen merasakan diri mereka sebagai alasan keberhasilan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: